Membuat Gambar Kolase di Photoshop

Berikut ini akan saya tunjukkan kepada Anda cara membuat Gambar Kolase, teknik ini mungkin sudah sering di pakai oleh berbagai desainer tetapi tidak ada salahnyakan saya mencoba memberitahukan tekniknya kepada Anda. Semoga Bermanfaat.








Buka 2 buah gambar texture kayu dan Model dengan memilih menu File > Open (Ctrl+O)


Buatlah 2 buah kotak dengan menggunakan Rectangle Tool (U) beri warna berbeda didalam Group dan atur seperti berikut.


Untuk memudahkan pengeditan, gantilah kotak putih dengan nama “Kotak Bawah” dan kotak hitam dengan nama “Kotak Atas”. Beri efek Drop Shadow pada “Kotak Bawah” dan atur seperti berikut nilainya. Klik OK kalau sudah selesai pengaturannya.


Masukkan gambar model ke dokumen kerja dengan cara Drag gambar model menggunakan Move Tool (V) sampai menuju ke Texture Kayu. Letakkan foto Model diatas Layer Shape “Kotak Atas”. Sehingga akan kelihatan seperti berikut.


Pilih menu Layer > Create Clipping Mask untuk memasukkan gambar Model kedalam “Kotak Atas” .


dan hasilnya akan kelihatan seperti berikut. Posisi layer Model akan menjorok ke kanan dan di tandai oleh anak panah kecil melengkung hitam.


Pilih menu Layer >Duplicate Group untuk menduplikat Group 1 maka 2 Layer Kotak dan Layer Model akan terduplikat semua.



Bukalah Group hasil duplikatannya tadi dan pilih hanya “Kotak Bawah” dan “Kotak Atas” untuk melakukan pengeditan. Anda bisa memindahkan dan memutarnya dengan menggunakan perintah Ctrl+T seperti berikut.


Ulangi kembali menduplikat Group dan lakukan pengeditan hanya pada “Kotak Bawah” dan “Kotak Atas” saja sampai dihasilkan gambar saperti berikut. Perhatikan gambar dibawah ini saya hanya menduplikat sebanyak 6 kali pada Group.


Anda juga bisa berkreasi dengan ide-ide Anda sendiri dalam pengaturan obyek Kotaknya. Mungkin cukup sekian dulu tutorialnya dan mungkin tutorial ini ada kekurangan nya maka dari itu saya mohon komentar yang membangun diri saya semoga dalam penulisan tutorial-tutorial berikutnya akan semakin baik dan baik lagi. Terima kasih. Semoga Bermanfaat.

Share on Google Plus

About Bezo Van Basten

HANYA INGIN BERBAGI. Terimakasih kepada Sahabat Pejuang Indonesia yang mendapatkan manfaat dari Blog Cinta Desain. Disini kami ingin berbagi informasi dan bahan desain. Diluar Blog inipun kami juga ingin berbagi untuk saudara-saudara kita rakyat indonesia yang membutuhkan bantuan. Setiap desain yang Anda pesan/beli, sebesar 5% akan kita sumbangkan kepada masyarakat yang tidak mampu. Semoga Blog ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

12 komentar:

  1. oke... tutorial bagus dan jelas, saya tunggu tutorial lainya yang berkaitan dng photoshop cs4

    BalasHapus
  2. Terima Kasih Moch Hasyim, Semoga Bermanfaat apa yang ada di Blog ini...

    BalasHapus
  3. thanks infonya,,,, udah saya coba, tapi ga bisa2,, he he he susah banget, pake photoshop cs3,,, izin share ya...

    BalasHapus
  4. Bang... Mendingan ditulis aja pengaturan pada efek Drop Shadow dan yang lainx... karena kurang jelas perubahan nilaix...

    BalasHapus
  5. foto mozaik menarik
    recomended di coba!

    BalasHapus
  6. thanks gan...akhirnya bisa n langsung diupload

    BalasHapus
  7. Fotonya jadi terlihat unik :)

    BalasHapus
  8. wahh bermanfaat sekali tutorialnya
    kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com

    BalasHapus
  9. Thanks i get a lot information from this site

    BalasHapus
  10. Tutorialnya sangat keren dan sangat bermanfaat. Terima kasih

    BalasHapus